Jualo
merupakan situs jual beli yang didirikan oleh Chaim Fetter, seorang Belanda
yang telah menetap di Indonesia selama lebih dari 10 tahun.
Pada
dasarnya, jualo.com memiliki cara pemasaran yang sama dengan situs e-commerce ternama lainnya, yaitu menjadi perantara untuk
menghubungkan langsung antara penjual dan pembeli. Hanya saja, Jualo
menggunakan pendekatan yang berbeda. Chaim Fetter mengatakan bahwa situs e-commerce pada umumnya mengutamakan penjual, atau dengan kata
lain situs-situs ini menyediakan berbagai fitur pendukung yang sangat mendukung
penjual dalam memasarkan produknya. Jualo sendiri memiliki cara
pendekatan dari sisi yang berlawanan. Pembeli menjadi target utamanya karena
dari pembeli, penjual bisa mendapatkan uang dari barang yang dipasarkan.
Sejak diluncurkan
Januari tahun ini, Jualo telah memiliki lebih dari 100.000 pengguna, dengan
pengguna aktif yang mencapai 70.000. Para pengguna ini juga bisa mempromosikan
lapak mereka melalui media sosial, terutama Facebook. Chaim mengatakan bahwa di
Indonesia terdapat 70 juta pengguna Facebook, dan ini bisa menjadi platform yang tepat dalam mempromosikan berbagai macam produk
atau yang dicari pada Jualo.
Pendirian
situs e-commerce Jualo.com tidak sepenuhnya untuk kepentingan bisnis
atau memenuhi kebutuhan hidup sang kreator. Chaim mengatakan bahwa 5%
keuntungan dari jualo.com akan digunakan untuk
membiayai Yayasan Peduli Anak.
Kelebihan
jualo.com :
1. Perusahaannya telah menyediakan berbagai
fitur yang memberikan kemudahan lebih bagi para penggunanya daripada situs
sejenis lainnya
2. Fitur
pendeteksi lokasi dan pengaduan cepat tanggap
3. Proses
transaksi lebih mudah
4. Jika
ada laporan pengguna yang nakal akan ada sanksi, seperti delete akun,
blokir alamat email, dan nomor teleponnya.
5. Fitur
geo search yang disediakan Jualo adalah salah satu fitur yang cukup eksklusif
Kekurangan
jualo.com :
1. Belum
ada sistem pembayaran dengan cara transfer masih menggunakan sistem cash on
delivery ( COD )
Sumber :
No comments:
Post a Comment