Tuesday, October 22, 2013

Yahoo! Messenger vs WhatsApp



Pilih Yahoo! Messenger atau WhatsApp ?? Apa sih bedanya??

Yahoo! Messenger
Yahoo! Messenger atau biasa kita sebut YM, bagi pengguna PC atau Laptop, YM merupakan aplikasi pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! Yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Pengguna ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahukan bila mendapat sebuah e-mail.
Yahoo! telah menggunakan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan. NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.

WhatsApp
WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan seluler lintas platform yang memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan tanpa harus membayar SMS. WhatsApp Messenger tersedia untuk platform iOS, BlackBerry, Symbian, Android, Windows Phone, dan  Nokia Series 40, dan benar, semua ponsel ini bisa berkirim pesan satu sama lain! Ini dimungkinkan karena WhatsApp Messenger memakai paket data internet yang digunakan untuk mengirim email dan menjelajahi interenet, sehingga mengirim pesan dan tetap berhubungan dengan teman-teman tidak akan dikenakan biaya (tentu saja bila kita berlangganan paket internet).


Setelah sedikit review dari kedua aplikasi tersebut, berikut ini merupakan perbedaan dari aplikasi Yahoo! Messenger dan WhatsApp :

  1. Pada saat registrasi WhatsApp, waktu yang dibutuhkan cukup singkat karena hanya memasukkan nomor hp yang nantinya akan digunakan sebagai identitas kita di WhatsApp. Berbeda dengan Yahoo! Messenger, kita harus memiliki sebuah akun Yahoo untuk bisa menggunakan Yahoo! Messenger, mengisi sebuah form dan tentu saja membutuhkan waktu yang cukup lama.
  2. WhatsApp tidak memerlukan system login untuk bisa digunakan, berbeda halnya dengan Yahoo! Messenger yang memerlukan system login.
  3. Untuk menambahkan teman dalam WhatsApp, kita hanya memerlukan nomor hp di ponsel kita. Teman-teman kita yang sudah menginstall WhatsApp otomatis akan terdaftar di daftar teman pada aplikasi WhatsApp. Sedangkan Yahoo! Messenger harus mengikuti tahap demi tahap dan barulah teman yang diundang akan tercantum dalam daftar teman.
  4. WhatsApp untuk saat ini belum bisa digunakan untuk video call, sedangkan Yahoo! Messenger sudah memiliki fitur yang dapat digunakan untuk video call melalui webcam.


Selain dari perbedaan-perbedaan di atas, WhatsApp dan Yahoo! Messenger memiliki fungsi yang hampir sama. Dimana pengguna dimanjakan dengan berbagai fitur penunjang, seperti mengirim video, audio, emoticon, dan foto/gambar. Kalianlah yang akan menentukan mana yang lebih baik dan aplikasi mana yang akan digunakan untuk pengiriman pesan.

Referensi :

No comments:

Post a Comment